Pengelolaan Pembelajaran Tutor Sebaya


Tutor sebaya dikenal dengan pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik, hal ini bisa terjadi ketika peserta didik yang lebih mampu menyelesaikan pekerjaannya sendiri dan kemudian membantu peserta didik lain yang kurang mampu.

Alternatifnya, waktu khusus tiap harinya harus dialokasikan agar peserta didik saling membantu belajar matematika , bahasa atau pelajaran lainnya, baik satu-satu atau dalam kelompok kecil. Tutor Sebaya merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Ini merupakan pendekatan kooperatif bukan kompetitif. Rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja bersama.

Tutor sebaya akan merasa bangga atas perannya dan juga belajar dari pengalamannya. Hal ini membantu memperkuat apa yang telah dipelajari dan diperoleh atas tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Ketika mereka belajar dengan “tutor sebaya”, peserta didik juga mengembangkan kemampuan yang lebih baik untuk mendengarkan, berkonsentrasi, dan memahami apa yang dipelajari dengan cara yang bermakna. Penjelasan tutor sebaya kepada temannya lebih memungkinkan berhasil dibandingkan guru. Peserta didik melihat masalah dengan cara yang berbeda dibandingkan orang dewasa dan mereka menggunakan bahasa yang lebih akrab.

Peran Tutor Sebaya dalam Membaca

Dalam membaca, pengajaran tutor sebaya sering digunakan untuk membantu pembaca yang lambat atau untuk memberikan tambahan membaca bagi semua peserta didik lebih muda.

Manfaat peran tutor sebaya :
• Memberikan pengaruh positif, baik dalam pendidikan dan sosial pada guru, dan tutor sebaya.
• Merupakan cara praktis untuk membantu secara individu dalam membaca
• Pencapaian kemampuan membaca dengan bantuan tutor sebaya hasilnya bisa menjadi di luar dugaan (lebih baik).
• Jumlah waktu yang dibutuhkan peserta didik untuk membaca akan meningkat

Dengan strategi ini. pembaca yang lemah mengambil manfaat dari perhatian yang tak terbagi. Guru sering tidak punya cukup waktu untuk memberikan bantuan individu seperti ini kepada tiap peserta didik. Namun, ini harus dijelaskan dengan seksama kepada tutor sebaya apa yang harus mereka lakukan. Tutor harus mengetahui harapan kepada mereka.

Tutor harus bekerja dengan peserta didik yang lebih muda dengan cara yang tenang, ramah, jujur, dan terhindar dari gangguan. Berikut ini contoh teknik strategi tutor sebaya dalam membaca, antara lain:

Teknik membaca berpasangan. Teknik ini berdasarkan pada membaca yang:
a) mengambil alternatif membaca nyaring bersama oleh tutor sebaya dan peserta didik, kemudian peserta didik membaca sendiri, dan
b) menggunakan komentar positif untuk memperkuat membaca yang benar dan mandiri.

Melatih tutor sebaya, melalui:
• memperkenalkan buku yang menarik minat baca;
• menunda koreksi kesalahan dengan memberi kesempatan peserta didik selesai mencoba mengoreksinya sendiri;
• mendiskusikan materi bacaan setelah dibaca; dan
• mengecek kinerjanya sendiri sebagai guru, dan kemajuan teman sebaya dengan melengkapi kartu laporan melalui ceklis.

Diupayakan materi bacaan sudah dikenal, sederhana dengan jenis ukuran tulisan yang cukup besar agar mudah dibaca.

Sumber : http://www.idp-europe.org/toolkit/

About these ads

15 comments on “Pengelolaan Pembelajaran Tutor Sebaya

  1. yups, setuju bgt sama model belajar seperti ini, d kampus saya&temen2 juga sudah menjalankan aktivitas tutor semacam ini.

  2. pak mohon bantuannya apa aja sih indikator temuan PTK tentang metode tutor sebaya dan apa saja sih indikator keberhasilan dalam metode tutor sebaya
    please help me….nuhun.

    ..::DOS::..
    hal yang bisa dilihat sebagai indikator keberhasilan adalah :
    1. apakah terjadi interaksi edukatif (siswa dengan siswa, siswa dan guru).
    2. apakah materi yang diajarkan dapat terserap oleh siswa.

  3. Pak apakah metode tutor sebaya cocok d trapkan dlm pembelajaran matematika dan apa manfaatx d dlm pembelajara matematika..terima kasih.

  4. Pak, saya bermaksud untuk melakukan penelitian (skripsi) tentang metode tutor sebaya dalam pembelajaran bahasa jepang. saya masih kurang matang dalam pengetahuan seputar tutor sebaya ini. pak, bagaimana cara mengontrol kegiatan tutor sebaya ketika saya melakukan eksperimen di kelas? apakah kira-kira bisa saya lakukan oleh saya sendir, atau meminta dosen untuk mementau? sampel dalam penelitian saya ini adalah mahasiswa B jepang UPI tingkat 2.Mohon bantuannya pak..terimakasih..

  5. Pak Aku mau minta tolong kira-kira apa yach harus saya persiapkan dalam penelitian tibdakan kelas jika judul PTK saya “meminimalkan kesalahan siswa dalam melakukan opersi hitung bilangan bulat pada siswa kelas 6 SD”.

  6. terima kasih y pak…
    tulisan Anda saya jadikan tambahan referensi untuk makalah tentang meningkatkan minat baca dengan metode tutor teman sebaya
    kalau Anda tahu tentang buku apa saja yang cocok untuk dijadikan referensi, saya diberitahu ya…

  7. bapak… bolehkah saya minta referensi buku tentang pembelajaran tutor sebaya ini? untuk skripsi saya pak…

  8. pak, saya ingin bertanya…
    pastilah sesuatu itu ada kelebihan dan kekuranga,,,dan apakah pada model tutor sebaya ini juga memiliki kekurangan atau dampak negatifnya?kALAU ADA ITU APA YA?

    Dos>>
    Ya benar memang apapun mmodel pembelajarannya memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk itu penggunaan model pembelajaran biasanya disesuaikan dengan materi pelajaran, dan sikon kelas, nah untuk moedel tutor sebaya tentunya juga sama memiliki kekurangan tetapi bukan berarti berdampak negatif, kelebihan dan kekurangan tutor sebaya, diantaranya :
    Kelebihan :
    – anak merasa dihargai, karena diberi kesempatan untuk menjelaskan lagi ke temannya.
    – anak akan antusias dan aktif karena memliki keberanian dan kebeasan untuk menjelaskan atau bertanya.
    – kemungkinan materi terserap besar jika sianak yang menjadi tutor menguasai materi seperti yang dijelaskan guru.
    Kelemahan :
    – karena yang menjelaskannya adalah temannya sebagai tutor, maka si anak yang dijelaskan merasa kurng percaya yang
    akhirnya dijadikan bahan canda.
    – materi tidak terserap oleh anak pembelajar karena tutornya tidak menguasainya.
    Nah mungkin itu diantaranya yang bisa disampaikan, mungkin pembaca lain ada yang bisa menambahkan.

  9. bapak… bolehkah saya minta referensi buku tentang pembelajaran tutor sebaya ini? untuk skripsi saya pak…

  10. bapak, saya sedang mlakukan penelitian tutor sebaya, saya ingin minta referensi untuk tutor sebaya ini…..
    terimakasih

  11. Sy sring menerapkan tutor tmn sebaya ini di pelajaran produktif yg hitungan, dgn pemberian tugas besar yg waktu penyelesaiannya 4 bulan. Alhamdulillah berhasil. Kalo membaca metode pembelajaran di buku2 yg sy baca, sy belum pernah menemukan metode ini di bahas. Bisa minta referensinya pak… tolong dikirimkan ke email sy yaa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s